Tuesday, April 12, 2005

XYZ: dari Freud sampai Pangeran Kodok

Setting:
Pagi yang mendung di dapur Pondok Yasmin. Lampu menyala meski sudah jam tujuh.

X sedang menyeduh seteko teh. Y sedang membenahi jemurannya di seberang dapur. Z, lagi-lagi, sedang asik dengan komputernya. Sekali-sekali perempuan Yasmin melintas.

Tadi malam X bermimpi tentang ‘cowo dari masa lalu’, zaman SMU dulu. Ini lebih meresahkan daripada Ujian Akhir Semester satu jam dari sekarang.


X: Oi! Dah baca “Tafsir Mimpi”-nya Freud blom?
Z: Mmm.. belom sih, tapi aku udah baca “Psikologi Imajinasi”-nya Sartre.
X: Kambing ama sapi. Sartre kan eksistensialis. Memangnya sama?
Z: Sama! Sama-sama absurd.. hahaha..
Y: Bikin teh ‘itu’ ya?

Fakta 1: X dikenal sebagai ‘Pembuat Teh’, yang secara rutin menyeduh seteko teh vanila pada pagi dan sore.

Z: Yup! Mau?
Y: Mau dong!
Z: Aku juga mau dong!
X: Tapi ini bukan teh biasa loh. Ini teh neurotik.
Y: Teh erotik?
X: Neurotik! Aduh tolong ya, pagi-pagi..
Z: Apanya yang neurotik?
X: Ini khusus buat yang sakit saraf gara-gara ujian.. hehehe..
Z: Memang ada apanya?
X: Dicampur mint.
Z: Eh?

Fakta 2: X juga dikenal suka membuat minuman yang aneh-aneh, seperti coklat jahe, kopi soda, teh karamel, dan milkshake talas.

X: Engga usah ngeri gitu dong. Ini ‘halalan thayyibah’, lagi..
Z: Iya deh, nyoba..
X: Eh, beneran blom baca Tafsir Mimpi? Engga tertarik mengaduk-aduk memori balita kamu?
Z: Tertarik sih, kapan-kapan. Sekarang masih banyak buku yang harus aku baca.

Z menatap rak bukunya dengan penuh cinta.

Z: Aku beli buku banyak tapi belum sempat aku baca. Hahaha.. ternyata syahwat kebukuanku bisa dipuaskan cuma dengan beli aja ya.
X: Syahwat kebukuan? Tolong ya, istilahnya! Kenapa sih semua orang pagi ini?
Z: Hehehe.. itu istilah anak2 Balairung. Wah asik kali ya jadi anaknya yang punya Social Agency.. syahwat kebukuannya pasti terpuaskan dengan mudah, bisa hidup dikelilingi buku apapun yang dia mau..
X: Iya kali yah. Tau engga, setiap kali aku ke Gramed ato Periplus ato toko buku manapun, aku serasa ada dalam kegembiraan yang amat sangat, sekaligus kebetean yang amat sangat. Ekstasi campur depresi. Dikelilingi buku-buku keren, tapi engga punya duit buat beli. Parah.
Z: Wah, pasti kamu iri banget sama anaknya Social Agency itu. Dia adik kelasku di kampus lho.
X: Menurutmu dia tipe yang mencintai buku?
Z: Engga deh. Dia bukan orang yang peduli sama buku.
X: Memang banyak orang menyia-nyiakan berkahnya yah..
Z: Hahaha.. bener banget..
X: Ato engga juga sih. Soalnya pola pikirnya kan beda. Mungkin buat dia itu bukan berkah. Kita aja yang mengganggap itu sebuah kemewahan.. soalnya kita proletar..
Z: Iya ya.. kalo aku kaya mungkin aku juga engga bakal tertarik sama buku, soalnya kayaknya engga ada tantangannya..
X: Rumput tetangga memang selalu lebih hijau. Eh, tapi kalau kamu bisa milih, kamu lebih suka jadi orang yang mampu beli buku ato jadi orang yang menikmati buku?
Z: Yang menikmati buku dong..
X: Kalo aku sih mau jadi orang yang bisa beli buku sekaligus menikmati buku..
Z: Hahaha.. curang! Di dunia, mana ada yang kayak gitu?
X: Lho.. bisa aja. Aku kan dah punya modal menikmati buku, sekarang tinggal gimana caranya jadi kaya kan?
Z: Misalnya cari suami yang kaya..
X: Misalnya jadi istrinya Richard Oh. Praktis dan efektif.
Z: Hahaha.. curang banget.. Trus aku bakal bisa belanja sepuasnya di QB dong?
X: Tergantung yah. Tapi sekarang saatnya kamu berkata “amiin..”, hehehe..
Z: Kalo gitu aku mau jadi Laksmi Tanjung, yang punya Aksara. Eh, dah nonton Brownies?
X: Blom. Ga minat. Aku engga suka Marcella Zalianty. Tapi terutama aku engga suka film-film yang dangkal.
Z: Iya sih, ceritanya tentang orang-orang jetset gitu. Tapi ada tokoh cowo yang asik banget, dan dia punya Book Corner gitu..
X: Bucek ato cowo kantoran itu?
Z: Bucek. Menurutku, kalo cowo macam dia bener-bener ada, aku bisa jatuh cinta deh. Mau deh jadi istrinya.
X: Apalagi kalo tampangnya juga macam Bucek yah?
Z: Eh?
X: Okelah, sifatnya sama, baik banget gitu, punya Book Corner gitu, smart gitu. Tapi kalo tampangnya kayak kodok, memangnya kamu mau?
Z: Hahaha..
X: Karena itu sadarilah, Nak, walau bagaimanapun dunia ini engga cuma terdiri dari ide dan visi. Ada satu faktor lagi yang disebut “penampakan”.
Z: Hahaha..

Z terus tertawa sementara X menuangkan teh mint-nya ke sebuah gelas.

Z: Eh, mbak. Tau dongeng Pangeran Kodok kan? Yang kodoknya berubah jadi pangeran setelah dicium putri?

Fakta 3: Tidak cuma tau, X juga mengaplikasikan pengetahuannya. Setiap kali ada kodok masuk Yasmin (musim hujan, gitu loh!), X akan refleks berteriak: “Ada kodok! Cepat cium, siapa tau Pangeran!”. Anak-anak Yasmin cuma geleng-geleng kepala. Bodoh tuh penyakit yang engga bisa disembuhkan sampai mati, kata pepatah Jepang.

X: Tunggu.. kamu engga berpikir bahwa entah siapa cowo kodok yang ada di kepalamu itu bakal jadi selevel Bucek setelah kamu cium kan?
Z: Engga. Kasusku kebalikannya.
X: Kamu berharap jadi Putri setelah dicium Bucek?
Z: Aduh, serius dong! Gini, ada temanku bilang bahwa selama ini dia merasa seperti pangeran, dan setelah ketemu aku dia berubah jadi kodok..
X: Sihirnya berkebalikan? Hahaha.. kamu dihina tuh..
Z: Bukan.. aku bukannya bikin dia jadi kodok. Aku engga ngapa-ngapain dia. Tapi setelah ketemu aku, dia jadi ngerasa kalo dia itu engga ada apa-apanya, engga lebih dari kodok..

Fakta 4: Z adalah mantan pemimpin perusahaan majalah Balairung UGM, dan ketua sebuah LSM perempuan. Mahasisiwi karir yang kadang-kadang bisa bikin orang engga pede.

X: Disillusionment! Makanya kamu jangan bawa “cermin” ke mana-mana, non. Dunia kan lebih indah kalo semua orang adalah “Pangeran”.
Z: Hahaha.. bukan salahku dong..
X: Iya sih. Temanmu itu katro. Kenyataan memang selalu pahit buat orang-orang narsis akut yah..
Z: Bener.. dia Pangeran Kodok yang katro..

Z menuang segelas teh mint dan meminumnya.

X: Enak?
Z: Kayak ada balsemnya.. Hweggghh…
X: Wah, engga sopan! Balikin yang udah loe minum!
Z: Hahaha.. tapi lumayan kok, mbak..

Jadi berlalulah suatu pagi yang damai di dapur Yasmin.
XYZ adalah obrolan omong-kosong. Memangnya kenapa? “I like nonsense, it wakes up the brain cells..”, Dr Seuss saja bilang begitu.




PS:
Eloque=X, Uchi=Y, Rini=Z. Tapi ini tidak penting, sungguh. Non refert quis sed quid dicam.
Anyway, bisa klik blog Rini di
http://perempuancerdas.blogspot.com ato link di side-bar.